#2 Explore Questacon:The National Science and Technology Centre

 

Science never solves a problem without creating ten more. George Bernard Shaw

Rute perjalanan kami yang kedua adalah menuju pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, Questacon. ūüėÄ

Questacon Building (front-side)

Pusat IPTEK yang berlokasi di King Edward Terrace, Canberra, ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi  melalui pengalaman yang menyenangkan, interaktif, dan relevan. Untuk menjembatani maksud tersebut,  pengajaran ilmu pengetahuan disampaikan melalui permainan dan atraksi yang menarik serta uji coba alat peraga ilmu pengetahuan  yang dapat dioperasikan secara langsung oleh pengunjung.

Pusat IPTEK Questacon didirikan pada tahun 1988 dengan setengah dari biaya konstruksi awal sebesar $ 20.000.000 diperoleh melalui hibah dari Jepang. Setiap tahun, Questacon menyambut sekitar 400.000 orang yang mengunjungi gedung pusat di Canberra, sedangkan sekitar 660.000 pengunjung  menyaksikan pameran di berbagai museum dan  pusat lain yang tersebar di benua Australia maupun di belahan dunia lainnya. Melihat kemegahan gedung yang kini telah berdiri lebih dari seperlima abad ini,  tidak mengherankan jika area ini kini menjadi salah satu tempat kunjungan favorit keluarga di Canberra.

Nah, berikut ini kami ingin berbagi pengalaman saat mengunjungi pusat IPTEK Questacon. Oh ya, sebelumnya mohon maaf jika penjelasan ilmiah yang akan disampaikan (khususnya yang berhubungan dengan konsep fisika murni) tidak kami jelaskan secara detail. Hal ini dikarenakan kami berangkat dari latar belakang bidang keilmuan yang berbeda yakni ilmu komputer =D.  Namun demikian semoga hal ini tidak mengurangi keinginan kami untuk berbagi ilmu dan pengalaman saat berkunjung ke pusat keilmuan yang mengagumkan ini. Sebuah bangunan yang bertujuan untuk menanamkan dalam kehidupan masyarakat bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi  merupakan salah satu pilar terpenting bagi keberlangsungan jangka panjang berdirinya sebuah bangsa yang besar.

Semoga bermanfaat :D.

1. Tornado

Salah satu alat peraga di Questacon yang menarik perhatian kami adalah mesin yang menampilkan bagaimanaTornado terbentuk. Anda dapat menyaksikan pembentukan Tornado buatan yang berhasil kami rekam di bawah ini.

Jika video di atas tidak dapat diakses, gunakan link ini http://youtu.be/M7uwnYBme28.

Bagaimana Tornado terbentuk?

Jika lapisan udara dingin berada di atas lapian udara panas akan terjadi perubahan lapisan udara sehingga udara panas akan naik dengan kecepatan tinggi yang mengakibatkan angin berputar.

2. Earthquake (Gempa bumi)

Kesempatan untuk mengunjungi Questacon kali ini juga kami gunakan untuk mencoba ruang simulasi terjadinya gempa bumi. Gempa bumi, sebagaimana didefinisikan oleh Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika, merupakan sebuah fenomena alam dimana bumi bergetar akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Akumulasi  dari energi tersebut dihasilkan dari pergerakan lempeng-lempeng tektonik. Berikut ini adalah video singkat yang kami rekam saat berada di dalam ruang simulasi gempa berkekuatan kurang lebih 5 SR.

Jika video di atas tidak dapat diakses, gunakan link ini  http://youtu.be/yuSTBsPmIF4.

3. Lightning (Petir)

Selain menyajikan simulasi gempa dan pembentukan Tornado, salah satu event yang tidak kalah menarik adalah menyaksikan bagaimana petir buatan dapat dibentuk. Di Questacon, petir artificial ini disajikan setiap 15 menit sekali. Atraksi petir buatan yang berhasil kami tangkap dapat Anda saksikan dalam tayangan video di bawah ini

Jika video di atas tidak dapat diakses, gunakan link ini  http://youtu.be/PBuRVQhXurw.

“Bagaimana petir terjadi?”

“Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial muatan antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya.¬†Proses terjadinya muatan pada awan karena pergerakannya yang terus menerus secara teratur, dan selama pergerakan itu dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negative akan berkumpul pada salah satu sisi, dan muatan positif pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (electron) untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses ini, media yang dilalui electron adalah udara, dan pada saat electron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah akan terjadi ledakan suara yang menggelegar.” (sumber: Badan meteorologi dan geofisika)

Distorted Rooms (Ruang-ruang terdistorsi)

Ruang-ruang terdistorsi seperti yang terlihat dalam gambar dibawah ini merupakan special effects yang digunakan dalam film Lord of the Rings untuk membuat manusia terlihat besar (gigantic) dan para Hobbits tampak lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Distorted rooms (like the one used for special effects in Lord of the Rings: they make the Hobbits look so short!)

 Miscellaneous 

Berikut ini terdapat pula beberapa foto yang kami ambil saat berkunjung ke Questacon. ūüėÄ

Meet Robot Q! Robot cerdas yang dapat berinteraksi dengan manusia.
Jam besar yang menampilkan perubahan fase -fase bulan dari mulai fase bulan baru (new moon) hingga fase bulan purnama (full-moon)

 

Chasing your own shadow. Apa jadinya jika bayangan Anda tiba-tiba menikam dari belakang? he2

 

Apa yang unik dari digital painter ini? Sebenarnya aplikasi menggambar digital seperti ini sudah banyak kita temukan. Hanya saja yang unik dari alat ini adalah  canvas gambar yang dapat berputar. Jika Anda menahan kedua jari di sebuah titik di atas layar,  maka canvas akan berputar sehingga terbentuk garis  yang menyerupai lingkaran.
Colorful shawdows. Ingin membuat bayangan menjadi bewarna-warni? Bayangan warna-warni seperti tampak di gambar dapat dibentuk melaui  sorot lampu bewarna yang datang dari arah berlawanan.

Demikian, semoga pengalaman ini bermanfaat. So let’s¬†have fun with science, guys!¬†=D

Salam,

Medria

Photos and videos taken by insideourmiNds

References

  1. http://www.questacon.edu.au/about/

  2. http://nugum.blogspot.com.au/2011/08/proses-terjadinya-tornado.html

  3. http://www.bmkg.go.id/bmkg_pusat/Geofisika/gempabumi.bmkg

  4. http://curiosity.discovery.com/question/how-does-lightning-occur

  5. http://zonegeologi.blogspot.com.au/2010/12/proses-terbentuknya-petir-di-udara.html

 

5 Replies to “#2 Explore Questacon:The National Science and Technology Centre”

Leave a Reply