Hard Reset Nokia E71

Hard reset Nokia E71? Kenapa? udah jadul, ganti aja yang baru! ๐Ÿ˜› Jadul memang kalo dibandingkan dengan smartphone yang banyak beredar saat ini, tapi cukup fungsional bagi saya yang cuma butuh buat sms dan telepon juga dengerin audio, nyatet belanjaan atau baca Al-Qur’an. Plus, lumayan duitnya buat saving. hehe … ๐Ÿ˜› Sayangnya hampir dua minggu ke belakang, fungsionalitasnya jadi berkurang karena dia nggak bisa mengirim pesan keluar. Selidik punya selidik, ternyata menurut pesan errornya “could not send message since phone memory is full” kurang lebih. So, memorinya full toh!?

Ok, berarti kalo saya hapus beberapa pesan, fungsinya akan balik lagi kan? Saya coba daaannn… Nggak berhasil, masih menayangkan pesan yang sama ๐Ÿ˜• Hmm, ok, saya coba hapus beberapa aplikasi, tetap sama, belum berfungsi baik. Apa mungkin kesalahan jaringan? Saya coba tukeran dengan hapenya istri, akhirnya… bisa kirim pesan. Ahsee, artinya memang ada yang bermasalah dengan tuh hape.

Lalu saya coba cari solusinya di internet, ada yang bilang, coba dikembalikan ke settingan pabriknya (factory setting). Then I tried it, sayangnya nggak berhasil. Udah mulai kesel, akhirnya alhamdulillah nemu juga solusinya, yaitu “hard-reset” atau kalo yang udah biasa install ulang sistem operasi komputer, ya kurang lebih sama dengan memformat ulang hardisk lalu menginstall lagi OS yang digunakan. Gimana caranya untuk Nokia E71?

Ada dua cara untuk melakukannya,

  1. Tekan *#7370# dan tekan tombol hubungi, kemudian akan muncul dialog pop-upย โ€œRestore all origional phone settings ? Phone will restartโ€. tekan ‘Yes’, kalo diminta ‘lock code’, masukan 12345ย (default lock code) atau lock code yang diset sendiri. Tinggal tunggu, agak sedikit lama memang, dan nggak keliatan proses resetnya, seakan hapenya mati. Sabar aja.. ๐Ÿ˜› Hape nyala lagi seperti baru lagi.
  2. Cara kedua dengan menggunakan kombinasi tombol. Di sini ada empat tombol yang harus ditekan berbarengan, yaitu *, tombol hijauย yang biasa digunakan untuk menelepon, 3, dan tombol on/off. Alurnya, matikan hape kemudian tekan dan tahan secara berbarengan empat tombol tersebut sampai proses reset terlihat di layar.

Saya sudah coba kedua cara tersebut, dan saya lebih memilih cara pertama. Alasannya karena mudah untuk dikerjakan dan cuma butuh seorang untuk melakukannnya. Dan cara ini berhasil. Sedangkan cara kedua memiliki kekurangan, yaitu butuh 2 orang untuk melakukan kombinasi menekan empat tombol tersebut secara bersamaan. Terlebih cara ini nggak berhasil buat saya.

Sebagai perhatian dalam melakukan hard-reset ini, memori dan data lama (seperti contact list, notes, dll) yang ada di hape akan hilang, kecuali data yang ada di memory card. Oleh karenanya, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan back-up data ke PC. Caranya bisa dilakukan dengan menginstall PC-Suite, koneksikan hape ke PC, dan buat file backup. Jadi, setelah mereset hape, kita bisa mengembalikan data yg pernah kita punya.

Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Sumber:

Leave a Reply